Makanan Penyebab Lipoma dan Pantang Pasca Operasi, Simak!

Makanan penyebab lipoma penting untuk Anda ketahui, bahkan beberapa makanan tersebut juga harus dihindari setelah operasi untuk penyakit tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan dan menghindari komplikasi.

Lipoma sendiri merupakan tumor jinak jaringan adiposa dan dapat ditemukan di bagian tubuh manapun seperti leher, tangan, dan sebagainya.

Nah, pada kebanyakan kasus ada lipoma yang ukurannya kecil bahkan ada yang cukup besar. Jadi apa penyebabnya?

Baca Juga: Makanan pantangan saat maag ini bisa memperlambat penyembuhan

Makanan Penyebab Lipoma yang Harus Anda Hindari

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa lipoma merupakan tumor jinak yang dapat tumbuh pada jaringan lunak secara perlahan dan dibungkus oleh kapsul fibrosa yang tipis.

Biasanya, kondisi ini bisa terlihat saat muncul benjolan di antara kulit dan lapisan otot, berukuran kecil, dan lunak.

Kondisi seperti ini lebih rentan menyerang orang yang berusia antara 40-60 tahun atau bahkan lebih. Dibandingkan dengan wanita, penyakit ini sering dialami oleh pria dan bisa muncul di lebih dari satu bagian tubuh.

Saat menderita penyakit seperti ini dan sudah melakukan operasi, sebaiknya hindari beberapa makanan tersebut.

Karena kemungkinan besar beberapa makanan seperti ini bisa menjadi penyebab sekaligus memperburuk kondisi jika Anda mengonsumsinya.

Baca Juga: Makanan pantangan setelah melahirkan yang harus dihindari

Makanan pedas

Makanan pertama yang menyebabkan lipoma adalah makanan pedas, terutama setelah operasi. Karena makanan pedas seperti ini juga bisa menyebabkan masalah perut.

Jika sudah seperti ini maka Anda akan merasakan banyak ketidaknyamanan yang bisa menyebabkan penyakit lain.

Baca Juga :  Perbedaan tifus dan demam berdarah dilihat serta gejala dan pencegahannya, apa sajakah itu?

Oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk tidak mengonsumsi makanan pedas karena dapat memperburuk kondisi.

Makanan Tinggi Lemak

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti makanan yang digoreng. Berbagai macam makanan yang mengandung lemak bila Anda konsumsi, maka akan mengembalikan lemak yang ada di dalam tubuh.

Sehingga hal seperti ini akan menumpuk kembali di bawah kulit dan bisa menyebabkan lipoma atau benjolan.

Jika hal seperti ini telah terjadi, maka membuat operasi yang telah Anda lakukan hanyalah sia-sia.

Baca Juga: Diet untuk Diabetes dan Kolesterol, Temukan Alternatifnya

Penyebab lainnya

Tidak selalu soal makanan, tapi ada banyak faktor lain yang menyebabkan lipoma ini. Sayangnya, dalam dunia medis sendiri, tidak mungkin untuk menentukan apa sebenarnya penyebab lipoma.

Namun, ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena lipoma ini. Salah satunya adalah usia yang cukup tua berkisar antara 40 hingga 60 tahun.

Tidak hanya itu, memiliki penyakit tertentu seperti sindrom sapi, adiposis yang menyakitkan, dan penyakit madelung bisa menjadi penyebabnya.

Selain itu, faktor keturunan, obesitas, hingga kandungan kolesterol yang tinggi juga bisa menjadi penyebab mengapa lipoma atau benjolan bisa tumbuh.

Jika Anda menemukan benjolan seperti ini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Apalagi jika kondisinya sedang sakit, maka Anda harus segera melakukan tindakan.

Makanan penyebab lipoma harus kita hindari, bahkan setelah operasi karena penyakitnya. Karena bisa memperburuk kondisi dan kemungkinan besar akan sulit sembuh. (R10/HR-Online)