Makanan Penyebab Kulit Berminyak Harus Dihindari, Apa Saja?

Makanan yang menyebabkan kulit berminyak harus dihindari. Karena jika tidak, maka kulit akan menjadi berminyak bahkan bisa timbul jerawat. Oleh karena itu sebaiknya hindari makanan yang menyebabkan kulit berminyak.

Meski kulit berminyak bukan masalah besar, banyak orang tidak merasakan PD saat kulitnya berminyak. Jika Anda salah satunya, ada baiknya untuk menghindari atau mengurangi jumlah makanan seperti ini.

Baca juga: Makanan Penyebab Flek Hitam Perlu Dihindari, Ketahui 5 Jenisnya

Makanan Penyebab Kulit Berminyak yang Harus Anda Hindari

Seperti yang kita ketahui bahwa wajah mulus, mulus dan bersih merupakan dambaan setiap orang, termasuk wanita. Sementara itu, perawatan kulit terutama pada wajah akan memiliki harga dan penanganan yang berbeda-beda.

Sedangkan wajah yang berminyak dan kondisinya sangat berlebihan justru dapat mengurangi kecantikan setiap orang dan menjadi penyebab timbulnya jerawat. Memang wajah berminyak seperti ini bisa dihilangkan dengan menggunakan sabun cuci muka khusus sesuai jenis kulit.

Namun, selain hanya menggunakan sabun wajah, ternyata untuk mengurangi masalah minyak kita juga bisa melakukannya dengan menghindari berbagai jenis makanan. Karena beberapa jenis makanan seperti ini ternyata menjadi penyebab minyak dan jerawat yang harus kita hindari.

Baca juga: Makanan Penyebab Gatal Penting untuk Diketahui, Apa Saja?

daging merah

Makanan pertama yang menyebabkan kulit berminyak adalah daging merah yang kandungan lemaknya tinggi. Meski daging merah menjadi salah satu bahan makanan favorit banyak orang, namun juga memiliki dampak tersendiri.

Karena jika Anda mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah berlebihan, dapat menyebabkan kulit Anda menjadi berminyak dan menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan daging merah banyak mengandung lemak jenuh berupa IGF-1 yang menyebabkan kelenjar minyak meningkat.

Baca Juga :  Tabu makanan setelah pencabutan kuku dan cara mengobatinya

Jadi IGF-1 sendiri adalah sesuatu yang menyebabkan aktivitas kelenjar minyak meningkat dan kadar minyak juga meningkat. Namun tidak hanya daging merah, mentega hingga keju juga bisa membuat kulit berminyak jika makan terlalu banyak.

Baca Juga: Pantang Makanan Saat Bisul Ini Bisa Memperlambat Penyembuhan

Gorengan

Siapa yang tidak suka kentang goreng? Namun siapa sangka, ternyata gorengan adalah salah satu penyebab utama kulit berminyak, seperti namanya sendiri. Memang makanan yang satu ini merupakan sesuatu yang sepertinya wajib untuk kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Namun yang perlu Anda ketahui, gorengan ini justru bisa membahayakan kulit jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena jika terlalu banyak mengonsumsi asam lemak omega-6 dapat menyebabkan jerawat, terutama pada makanan yang digoreng.

Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan berlebihan dapat memperburuk kesehatan kulit terutama wajah. Untuk itu sebaiknya hindari saja makanan yang digoreng seperti ini atau kurangi jumlah porsinya.

Tak hanya itu, banyak juga makanan penyebab kulit berminyak, seperti makanan asin dan manis. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari makanan yang banyak mengandung garam dan gula berlebih jika tidak ingin kulit Anda berminyak dan berjerawat. (R10/HR-Online)