Makanan Penyebab Kreatinin Tinggi Berbahaya, Harus Dihindari!

Makanan yang menyebabkan kreatinin tinggi harus selalu diwaspadai. Kreatinin adalah zat sisa yang diproses oleh ginjal. Namun, jika jumlah kreatinin dalam darah berlebihan dari pantangan makanan tersebut, juga akan berbahaya bagi kesehatan ginjal.

Biasanya, peningkatan kreatinin seperti ini juga bisa terjadi karena kondisi ginjal yang tidak sehat. Namun, ada juga beberapa jenis makanan yang justru menyebabkan kreatinin menjadi lebih tinggi sehingga Anda harus mewaspadainya.

Baca Juga: Makanan Penyebab Lipoma dan Pantang Pasca Operasi, Simak!

Makanan penyebab kreatinin tinggi yang harus kita waspadai

Ginjal sendiri merupakan organ yang sangat penting dan berfungsi untuk membuang limbah dari tubuh kita. Jadi, ginjal berguna untuk menyaring semua produk sampingan yang dibawa oleh darah dan kemudian mengeluarkannya melalui urin.

Jika fungsi ginjal telah terganggu karena beberapa alasan, itu adalah tanda bahwa ada peningkatan kadar kreatinin. Nah, kreatinin sendiri merupakan produk akhir dari proses metabolisme kreatinin otot yaitu kreatinin fosfat di hati.

Beberapa penyebab kreatinin tinggi tentunya juga patut untuk selalu diwaspadai. Karena kondisi seperti itu justru bisa memicu komplikasi penyakit lain yang bisa mengancam nyawa.

Bahkan ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan kadar kreatinin tinggi.

Baca Juga: Makanan penyebab cegukan yang harus Anda waspadai

Makan banyak daging merah dan protein

Makanan yang menyebabkan kreatinin tinggi adalah makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging. Karena daging merah yang dimasak juga mengandung kreatinin yang tinggi.

Ini akan menghasilkan tingkat kreatinin yang lebih tinggi. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Ini akan meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan berprotein tinggi seperti daging jika tidak ingin kadar kreatinin tinggi.

Baca Juga :  Makanan pantangan saat diare, hindari jika tidak ingin bertambah parah!

Baca Juga: Makanan Penyebab Sakit Maag Yang Harus Anda Hindari, Simak!

Suplemen

Mengkonsumsi protein dalam jumlah besar memang cukup berbahaya bagi tubuh. Baik itu melalui makanan atau suplemen juga dapat menyebabkan kadar kreatinin tinggi.

Karena obat-obatan tertentu juga akan membuat peningkatan sementara kadar kreatinin serum. Bahkan kondisi seperti ini juga akan berdampak buruk yaitu menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Seseorang yang akan menjalani tes kreatinin, sebaiknya juga memberi tahu dokter terlebih dahulu jika sedang mengonsumsi obat-obatan. Karena jika tidak, maka hal seperti ini akan sangat berbahaya.

Mengingat pentingnya menjaga kadar kreatinin, maka Anda harus melakukan pengobatan yang tepat.

Selain pengobatan medis, ada banyak solusi alami seperti makan lebih banyak makanan berserat. Sebisa mungkin juga hindari penggunaan suplemen yang banyak mengandung protein.

Namun hindari beberapa makanan yang menyebabkan kreatinin tinggi seperti protein agar kadar kreatinin tidak semakin tinggi. Karena jika Anda memaksakan makan berbagai makanan yang banyak mengandung protein, maka kemungkinan besar ginjal akan rusak. (R10/HR-Online)