Makanan Apa Penyebab Gigi Berlubang? Batasi Konsumsi!

Banyak makanan penyebab gigi berlubang masih belum diketahui. Gigi berlubang bisa dialami oleh setiap orang jika orang tersebut tidak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya setiap hari.

Tahukah Anda bahwa apa yang Anda makan memiliki dampak besar pada kesehatan gigi jangka panjang? Peran gigi untuk mengunyah makanan memungkinkan gigi bersentuhan langsung dengan masalah.

Salah satu pengaruh makanan dan minuman pada gigi adalah menyebabkan penumpukan plak pada gigi yang berujung pada keropos dan gigi berlubang.

Batasi konsumsi makanan penyebab gigi berlubang sejak dini

Masalah gigi berlubang tidak bisa dianggap enteng. Penyebabnya adalah rasa sakit pada abses gigi.

Baca juga: Makanan Penyebab Kurang Darah Jadi Pantang, Apa Saja?

Untuk menghindari masalah gigi semakin parah, sebaiknya hindari makanan berikut yang justru memperburuk kondisi gigi Anda.

Makanan Berpati atau Olahan

Salah satu makanan penyebab gigi berlubang dan plak adalah makanan berbahan dasar tepung terigu. Saat Anda makan karbohidrat olahan, makanan yang Anda makan berubah menjadi gula di mulut Anda.

Pada saat yang sama, mulut juga memproduksi asam yang memicu bakteri jahat. Beberapa makanan bertepung sangat mudah tersangkut di sela-sela gigi. Makanan ini termasuk roti putih, pasta, dan keripik kentang.

Perlu Anda ketahui bahwa tepung akan cepat berubah menjadi gula dan menjadi makanan penyebab gigi berlubang. Kemudian melalui proses pra-pencernaan yang dimulai dari mulut melalui enzim saliva.

Bentuk pasta yang kenyal lebih mudah menempel pada gigi sehingga berdampak buruk pada gigi. Apalagi jika Anda tidak segera menyikat gigi.

Baca Juga :  Penyebab Gingivitis pada Ibu Hamil Jangan Didiamkan, Ada Apa Saja?

Makanan Tinggi Gula

Makanan manis menjadi favorit banyak orang. Namun dari segi enak dan nikmat, memiliki sisi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bahkan makanan tinggi gula dapat memperburuk kesehatan gigi. Tahukah Anda bahwa bakteri di mulut Anda memakan gula untuk membuat asam.

Pada saat yang sama, infeksi di rongga mulut terkait erat dengan kadar asam. Penggunaan gula sulit untuk dihindari, karena merupakan bahan untuk konsumsi sehari-hari.

Baca juga: Makanan penyebab bau mulut yang penting untuk dihindari

Namun, Anda harus mengurangi asupan gula sebanyak mungkin untuk menghindari masalah kesehatan bagi tubuh dan gigi Anda. Jenis makanan ini terdiri dari agar-agar atau puding, selai, sereal, buah kering, dan jajanan manis lainnya.

Makanan Lengket

Makanan penyebab gigi berlubang selanjutnya adalah makanan lengket yang berpotensi menempel di gigi dan gigi berlubang lebih lama. Sisa makanan yang menempel pada gigi ini menimbulkan bakteri jahat.

Ketika sisa makanan menempel, bakteri menghasilkan lebih banyak asam.

Cara ampuh menghilangkan makanan lengket yang menempel di rongga mulut dan gigi adalah benang gigi gigi. Makanan tersebut berupa permen, coklat, ketan, dan lain-lain.

Cokelat mengandung susu, gula, dan krim yang cenderung mendominasi dan membantu pertumbuhan kuman penyebab gigi berlubang.

Cokelat hitam mengandung antioksidan untuk melindungi tubuh. Jadi jika Anda suka makan cokelat, sebaiknya pilih cokelat hitam saja.

Makanan ringan

Salah satu penyebab gigi berlubang adalah makanan ringan atau makanan keras. Sehingga gigi yang semula keropos menjadi berlubang karena tidak kuat.

Selain itu, salah satu makanan penyebab gigi berlubang juga berasal dari: keripik kentang. Makanan ini mengandung pati tingkat tinggi yang dapat diubah menjadi gula.

Baca Juga :  Ciri-ciri Sindrom Burnout dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Makanan Alergi Dingin, Dari Keju hingga Kacang!

sisa-sisa keripik kentang Ini tertinggal di antara gigi dan menjadi kehidupan bakteri. Itu sebabnya gigi terancam gigi berlubang dan berlubang.

Sebuah studi tahun 2021 menunjukkan bahwa makan makanan keras secara signifikan mengakibatkan kerusakan gigi.

Hal ini telah dilakukan dalam sebuah penelitian dengan 56 orang yang hasilnya sangat akurat. Retak pada gigi tersebut nantinya akan menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Makanan Asam

Salah satu makanan asam yang memicu gigi berlubang adalah buah jeruk dan makanan lain yang mengandung keasaman tinggi. Memang, buah jeruk memiliki manfaat kesehatan.

Namun, kandungan asam dapat menyebabkan erosi email Hal ini membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Makanan penyebab gigi berlubang, baik jeruk nipis maupun lemon dalam air bisa menyebabkan luka di mulut. (R10/HR-Online)