Makanan Pemicu Kanker Prostat yang Harus Dihindari, Pria Harus Tahu!

Makanan pemicu kanker prostat penting untuk diwaspadai, terutama bagi Anda para pria. Makanan ini bisa memicu gejala bagi penderitanya.

Penyebab kanker prostat adalah perubahan atau mutasi DNA pada kelenjar prostat yang memicu munculnya sel-sel abnormal yang tidak dapat dikendalikan.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu perubahan DNA. Mulai dari usia, kebiasaan merokok, obesitas, riwayat keluarga, hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Manfaat Semangka untuk Kesehatan Prostat, Otot dan Vitalitas

Jenis Makanan Pemicu Kanker Prostat

Kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh di kelenjar prostat. Pada umumnya penyakit ini ditandai dengan gangguan buang air kecil.

Pada sebagian besar kasus, kanker prostat tidak memiliki gejala apa pun sampai pertumbuhannya cukup besar untuk memberi tekanan pada uretra.

Tanda-tanda bahwa kanker telah menyebar termasuk tulang, punggung, nyeri testis, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan.

Agar tidak tertular penyakit berbahaya ini, pria sebaiknya memperhatikan dan menghindari jenis makanan tertentu yang memicu kanker prostat.

Jenis makanan tersebut antara lain:

Makanan kaleng

Ternyata mengonsumsi makanan instan yang dikemas dalam kaleng juga menjadi penyebab kanker prostat. Ini termasuk buah dan sayuran kalengan.

Meski buah dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan prostat, makanan apa pun yang dikemas dalam kaleng akan mengandung likopen tinggi, yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kanker prostat.

Lapisan resin pada kaleng tersebut mengandung bisphenol-A (BPA). Ini adalah estrogen sintetis, dapat larut dalam buah-buahan dan sayuran karena memiliki sifat asam.

Perlu Anda ketahui bahwa BPA erat kaitannya dengan peningkatan risiko kanker dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga :  Manfaat Susu Kurma Bagi Tubuh, Hidangan Sehat Saat Berbuka!

Baca juga: Jamur Disebut Ampuh Atasi Kanker Prostat

daging merah

Jenis makanan yang justru memicu kanker prostat adalah daging merah. Meski mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh, mengonsumsi daging merah secara berlebihan dapat memicu kanker prostat.

Ini karena adanya komponen karsinogenik yang disebut HCA. Studi menunjukkan bahwa pria yang makan makanan ini 12% lebih mungkin untuk mengembangkan kanker prostat.

Produk susu

Dalam sebuah penelitian dari Journal of Nutrition, diketahui bahwa produk susu juga termasuk dalam daftar makanan pemicu kanker prostat. Terlalu banyak konsumsi produk susu juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membatasi konsumsi susu setiap hari, agar Anda terhindar dari ancaman kanker berbahaya ini.

Pilihan lainnya, Anda bisa mengonsumsi susu bebas lemak dan rendah lemak, sehingga bisa membantu dalam menjaga kesehatan prostat.

Baca juga: Pengobatan Kanker Prostat, Ini Lima Pilihannya!

Makanan Yang Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh dikenal sebagai salah satu pemicu penyakit jantung. Di sisi lain, lemak jenuh juga dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Bahkan para peneliti menemukan hubungan antara kandungan lemak jenuh dalam asupan makanan dengan risiko kanker prostat. Jadi sebaiknya kurangi asupan makanan pemicu kanker prostat untuk menjaga kesehatan prostat dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. (R10/HR-Online)