Kulit Jari Terkelupas, Ketahui Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

Pengelupasan kulit pada jari dapat terjadi karena sejumlah faktor. Kulit mengelupas terutama pada telapak tangan bisa terjadi pada siapa saja.

Ini adalah kondisi ketika lapisan atas kulit hilang.

Hal ini dapat terjadi karena kerusakan kulit akibat kulit kering, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan infeksi. Kondisi ini seringkali bisa mengganggu jika tidak kunjung sembuh.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengobatinya.

Baca juga: Cara memutihkan kulit tangan dan kaki secara alami dalam 1 minggu

Mengetahui Penyebab Kulit Jari Terkelupas

Saat kulit di tangan kita mengelupas, seringkali kita merasa tidak nyaman bahkan bisa mengganggu penampilan. Apalagi saat akan berjabat tangan dengan orang lain.

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah kulit jari terkelupas, antara lain:

Terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat merusak kulit melalui sinar ultravioletnya. Hal ini dapat membuat kulit jari terlihat merah, nyeri, dan perih yang pada akhirnya akan mengelupas.

Meskipun sebagian besar sengatan matahari hanya ringan, mereka akan hilang dalam waktu sekitar seminggu. Namun, luka bakar ini dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Bagi seseorang yang kulit wajah atau tubuhnya terbakar sinar matahari harus menghindari sinar matahari langsung. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan lotion untuk menjaga kelembapan kulit selama masa pemulihan.

Baca juga: Jenis Vitamin untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Terlalu sering mencuci tangan dengan sabun

Salah satu penyebab kulit jari terkelupas adalah terlalu sering mencuci tangan dengan sabun. Memang mencuci tangan merupakan hal yang cukup penting untuk mencegah penularan kuman atau bakteri penyebab penyakit.

Baca Juga :  Makanan pantangan untuk pasien cuci darah tidak baik untuk ginjal

Namun sayangnya, sabun bisa menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Jika minyak alami ini hilang, maka kulit tidak bisa lagi menahan kelembapan.

Lama kelamaan akan membuat kulit menjadi kering atau yang disebut dengan dermatitis sabun.

Dalam hal ini, yang terbaik adalah mencuci tangan seperlunya. Jangan lupa untuk melembabkan kulit dengan pelembab.

Selain itu, hindari menggunakan kain kasar untuk mengeringkan tangan.

Baca juga: Tips Kulit Sehat dan Cantik, Lakukan Kebiasaan Baik Ini!

Psoriasis

Ini adalah kondisi peradangan kulit yang menyebabkan gejala berupa kemerahan pada kulit.

Psoriasis umumnya terjadi pada siku, lutut, kulit kepala, serta bagian bawah ujung jari. Namun, kondisi ini juga bisa muncul di bagian tubuh mana saja.

Psoriasis adalah gangguan autoimun. Artinya, sistem kekebalan tubuh kita keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat, jadi bukan penyakit menular.

Kondisi kulit ini bisa bertambah parah jika dipicu oleh faktor eksternal. Seperti cedera atau cedera, pola makan, kelembapan, hingga stres.

Untuk mengatasinya, tidak ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkannya. Namun, ada salep atau krim khusus yang bisa dioleskan untuk mengurangi gejala pengelupasan telapak tangan akibat psoriasis.

Selain itu, faktor iklim dan seringnya menghisap jari juga bisa menjadi penyebab kulit jari terkelupas. Mengupas kulit pada umumnya bukanlah hal yang berbahaya.

Namun bisa juga mengganggu, jadi periksakan kondisi tangan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga akan mendapatkan penanganan yang tepat. (R10/HR-Online)