Kebiasaan Penyebab Batu Ginjal, Jangan Disepelekan!

Kebiasaan yang menyebabkan batu ginjal penting untuk diwaspadai. Batu ginjal terbentuk dari limbah darah yang mengkristal dan menumpuk di ginjal, sehingga memicu penyakit.

Hal ini dapat terjadi karena pengaruh beberapa faktor. Ini termasuk kebiasaan yang sering dianggap remeh.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya batu ginjal, Anda harus menghindari berbagai kebiasaan yang dapat memicu terjadinya batu ginjal.

Baca juga: Gejala Batu Ginjal, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Berbagai Kebiasaan yang Menyebabkan Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang di Indonesia. Munculnya penyakit ini sering dikaitkan dengan kebiasaan seseorang yang jarang minum.

Ketika seseorang jarang minum, mineral dan garam yang seharusnya terbuang melalui urin akan menumpuk dan mengendap. Lama kelamaan akan membentuk batu pada ginjal seseorang.

Batu ini bisa terbentuk karena kondisi urin yang terlalu pekat atau kandungan mineral tertentu yang cukup tinggi. Kemudian akhirnya terjadi proses kristalisasi.

Penyakit batu ginjal biasanya akan berdampak pada saluran kandung kemih.

Namun perlu Anda ketahui, ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan penyakit batu ginjal yang sering kita anggap remeh, seperti:

Konsumsi Garam Berlebihan

Makanan yang tinggi sodium atau garam memang rasanya enak dan lezat. Namun, makan makanan tinggi natrium dapat menyebabkan batu ginjal.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi penggunaan garam dan konsumsi makanan tinggi garam. Mulai dari makanan kaleng, roti, hingga minuman ringan.

Bahkan makanan tinggi garam dapat meningkatkan risiko batu kalium.

Baca Juga :  Perbedaan Bell's Palsy dan Stroke yang Harus Kamu Ketahui, Simak Ini!

Baca juga: Suka Minum Kopi atau Teh? Waspada Batu Ginjal mengintai

Kurangnya Asupan Air

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kurang minum merupakan salah satu kebiasaan yang menyebabkan batu ginjal.

Kekurangan cairan bisa membuat urine lebih pekat. Jadi tidak ada cukup air untuk melarutkan mineral dalam urin.

Akhirnya mineral mengkristal menjadi batu ginjal. Untuk mengurangi risiko terkena batu ginjal akibat dehidrasi, sebaiknya konsumsi air putih 8 gelas hingga 2 liter per hari.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Oksalat Secara Berlebihan

Kebiasaan yang dapat menyebabkan batu ginjal lebih lanjut adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat secara berlebihan.

Jenis makanan tersebut seperti bit, coklat, bayam, dan kacang-kacangan.

Untuk bisa mengonsumsi makanan tinggi oksalat, sebaiknya seimbangkan dengan makanan tinggi kalsium, seperti susu atau keju.

Baca juga: Makanan untuk Penderita Batu Ginjal, Ini Daftarnya!

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Protein Hewani

Makanan tinggi protein hewani dapat meningkatkan kadar asam urat dan dapat menyebabkan batu ginjal. Diet tinggi protein juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar sitrat.

Ini adalah bahan kimia dalam urin yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Sebaiknya jangan mengabaikan berbagai kebiasaan penyebab batu ginjal di atas. Mengingat batu ginjal bisa membuat penderitanya merasakan sakit yang cukup hebat.

Jadi sebaiknya jaga pola makan dan gaya hidup agar tidak terjadi ketidakseimbangan yang mengganggu jalannya metabolisme. (R10/HR-Online)