Jenis Daun Penurun Kolesterol Tinggi, Dikonsumsi Setiap Hari Tetap Aman

Ada beberapa jenis daun penurun kolesterol tinggi yang aman meski dikonsumsi setiap hari. Bahkan beberapa jenisnya bisa dengan mudah ditemukan, baik di dapur maupun di halaman rumah.

Bagi anda yang saat ini sedang berusaha untuk menurunkan kolesterol tinggi, anda wajib mencoba mengkonsumsi daun ini.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, Anda bisa mengonsumsi jenis daun ini dengan berbagai cara. Bisa langsung atau bisa juga direbus lalu diminum airnya.

Lantas, daun apa saja yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

6 Jenis Daun Penurun Kolesterol Tinggi

Baca juga: Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita Beragam, Jangan Diremehkan!

daun kemangi

Daun ini mengandung banyak mineral, vitamin, dan antioksidan seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan beta-cryptoxanthin.

Kandungan eugenol dalam kemangi mampu memblokir saluran kalsium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, minyak atsiri dari daun kemangi juga dapat membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol.

Daun Artichoke

Jenis daun penurun kolesterol tinggi selanjutnya adalah daun artichoke. Peneliti dari University of Reading berhasil menemukan ekstrak dari jenis daun artichoke.

Baca juga: Pemicu Stroke di Usia Muda, Salah satunya Kolesterol Tinggi

Ekstrak daunnya dapat menurunkan kolesterol tinggi. Umumnya dijual dalam bentuk suplemen.

Daun artichoke merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak mengandung sumber flavonoid. Fungsinya untuk membantu proses penurunan kolesterol plasma.

daun kari

Menurut hasil penelitian para ahli, daun kari merupakan salah satu jenis daun penurun kolesterol tinggi. Daun ini kaya akan senyawa alkaloid dan fenolik, yang merupakan zat pelindung yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga :  Herbal Atasi Keputihan, Ini Pilihan Terbaiknya

Selain itu, daun kari juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, vitamin C dan vitamin E. Serta kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, sekaligus menekan stres oksidatif.

Baca juga: Manfaat Air Rebusan Daun Kelor Mencegah Kanker hingga Menurunkan Kolesterol

Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsilah daun kari secara rutin dan teratur. Dengan begitu, risiko kolesterol tinggi bisa dikurangi.

Daun Fenugreek

Jenis daun penurun kolesterol tinggi selanjutnya adalah daun fenugreek. Daun ini juga bermanfaat sebagai bumbu atau sayuran.

Sangat baik untuk Anda konsumsi karena daun fenugreek mengandung vitamin A dan C. Serta kaya akan asam folat dan mineral, seperti kalsium, potasium, dan zat besi.

Padahal, biji tanaman fenugreek ini merupakan sumber vitamin K yang dapat menurunkan produksi kolesterol dalam tubuh, terutama kolesterol jahat.

Menurut penelitian dari University of Michigan Health System, saponin steroid yang ditemukan dalam biji fenugreek dapat memperlambat penyerapan kolesterol di hati dan usus.

salam daun

Manfaat daun salam dapat meningkatkan produksi kolesterol baik dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman teh yang terbuat dari daun salam selama 10 hari berturut-turut dapat sedikit meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

daun pandan

Jenis daun penurun kolesterol tinggi yang terakhir adalah daun pandan. 100 gram daun pandan mengandung air, vitamin B2, B2, vitamin C dan B3, protein, lemak, dan karbohidrat.

Selain itu, daun pandan juga mengandung banyak mineral lain, seperti fosfor, zat besi, dan kalsium.

Hasil penelitian IPB (Institut Pertanian Bogor) jurusan Kesehatan Hewan menemukan khasiat antikolesterol yang terkandung dalam daun pandan.

Itulah 5 jenis daun yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Kelima jenis daun tersebut aman untuk Anda konsumsi setiap hari. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

Baca Juga :  Faktor Pemicu Asma yang Harus Dihindari, Pengendalian Risiko Lebih Efektif!