Herbal Atasi Keputihan, Ini Pilihan Terbaiknya

Ada banyak pilihan herbal untuk mengobati keputihan. Sebagai negara yang kaya akan tanaman obat, masyarakat Indonesia sudah sejak lama terbiasa memilih pengobatan alami. Bahkan jamu menjadi pengobatan alternatif yang populer.

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah keputihan. Gangguan yang sering disebut dengan Flour albus ini merupakan kondisi ketika cairan yang keluar dari vagina melebihi jumlah normal.

Keputihan sendiri dapat dikategorikan menjadi dua macam. Yaitu keputihan normal (fisiologis) dan juga keputihan abnormal (patologis).

Untuk jenis keputihan yang normal dan bukan merupakan penyakit merupakan kondisi yang sangat umum dan bisa dialami oleh semua wanita.

Baca juga: Manfaat Daun Kemangi untuk Pria yang Penting untuk Diketahui

Namun Anda harus berhati-hati jika keputihan yang Anda alami adalah keputihan yang tidak normal. Karena keputihan jenis ini merupakan sinyal adanya penyakit pada organ kewanitaan atau pada rahim.

Beberapa ciri keputihan yang tidak normal antara lain keputihan yang kental, berwarna kekuningan, dan menimbulkan rasa gatal. Selain itu, cairannya lengket dan jumlah cairan yang keluar melebihi jumlah normal.

Ragam Herbal Mengatasi Keputihan

Cara mengobati keputihan secara tradisional merupakan warisan yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Nah, berikut ini beberapa pilihan herbal untuk mengobati keputihan yang bisa Anda gunakan. Cara mengobatinya secara tradisional cukup mudah dan bahan-bahannya juga mudah didapat.

Kunyit

Salah satu cara mengobati keputihan secara tradisional adalah dengan menggunakan kunyit. Ramuan ini sangat kaya akan zat anti bakteri yang akan berperan penting dalam menghilangkan keputihan.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Jam Tidur Normal Usai Ramadhan, Simak Tipsnya!

Anda cukup menyiapkan dua potong kunyit lalu parut dan peras airnya. Kemudian tambahkan air dan madu secukupnya untuk mempermanisnya. Anda bisa meminumnya 2 kali sehari secara rutin.

biji fenugreek

Sebagian besar dari Anda mungkin masih sangat asing dengannya. Biji fenugreek adalah biji tanaman yang disebut fenugreek atau juga dikenal sebagai fenugreek.

Jenis tanaman yang berkhasiat mengatasi keputihan ini akan membantu meningkatkan pH organ kewanitaan.

Baca juga: Keputihan Normal, Kenali Ciri-ciri Yang Tidak Normal!

Untuk menggunakan jamu untuk mengobati keputihan juga mudah. Anda perlu merendam satu sendok makan biji fenugreek dalam air selama satu hari. Kemudian saring airnya dan minum sehari sekali.

Bawang putih

Bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengobati keputihan. Hal ini karena bawang putih mengandung banyak zat anti bakteri dan anti jamur.

Bahkan dengan rutin mengonsumsi bawang putih akan mampu mencegah bakteri masuk ke dalam organ kewanitaan Anda. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara apapun secara rutin.

Daun sirih

Pilihan herbal untuk mengobati keputihan adalah dengan menggunakan daun sirih. Cara tradisional untuk mengobati keputihan ini sudah dikenal luas karena manfaatnya bagi organ kewanitaan.

Daun sirih mengandung zat yang dapat mencegah bakteri dan jamur pada organ kewanitaan Anda. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu merebus 3 lembar daun sirih dalam 400 ml air dan meminumnya secara rutin.

Daun Pahit

Bahan alami yang juga bisa Anda gunakan untuk mengobati keputihan adalah daun sambiloto. Obat herbal ini mengandung zat anti jamur dan anti bakteri yang akan membantu mengatasi keputihan.

Untuk penggunaannya, Anda bisa merebus 5 lembar daun sambiloto ke dalam dua gelas air. Setelah itu Anda bisa meminumnya sehari sekali. Lakukan hal ini secara rutin hingga kondisi Anda membaik.

Baca Juga :  Makanan Sehat untuk Jantung dan Perut, Simak Daftar Pilihannya!

Itulah berbagai obat herbal untuk mengobati keputihan yang bisa Anda gunakan. Jika Anda sering mengalami masalah keputihan, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa ramuan tradisional ini. (R10/HR-Online)