Herbal Alami Untuk Perut Kembung, Ini Rekomendasi Terbaik!

Ramuan alami untuk perut kembung sebenarnya cukup banyak. Namun tidak semuanya efektif untuk mengatasinya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala dan faktor penyebab gangguan pencernaan.

Biasanya perut kembung yang sering kita alami bisa terjadi karena beberapa faktor. Baik karena makanan yang masuk ke perut, lingkungan yang dingin, hingga pola makan yang tidak teratur.

Namun gangguan ini juga bisa menjadi gejala rutin sebagai bentuk reaksi hormonal seperti pra-menstruasi pada wanita.

Baca juga: Herbal Atasi Keputihan, Ini Pilihan Terbaiknya

Pada dasarnya perut kembung bukanlah masalah penting bagi seseorang. Jika angin yang memenuhi rongga perut bisa kita keluarkan dalam bentuk kentut atau sendawa akan terasa lebih lega.

Kebanyakan orang sering menyamakan gangguan ini dengan pilek. Padahal perut kembung bukanlah kondisi yang serius dan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 24 jam kemudian.

Rekomendasi Herbal Alami untuk Pbengkak bengkak

Namun, jika mengonsumsi obat tradisional saat perut kembung terjadi, pasien sangat disarankan untuk beristirahat. Selain itu, ciptakan lingkungan yang hangat atau selimut di sisi kanan.

Namun jika kondisi tidak kunjung membaik, berikut ini rekomendasi obat herbal alami perut kembung yang bisa Anda coba manfaatkan.

Air Noni Hangat

Pilihan pertama Anda bisa menggunakan buah mengkudu. Biasanya buah ini akan mampu mengatasi infeksi pada lambung dan meredakan perut anda.

Caranya, hangatkan dulu air rebusan mengkudu atau mengkudu sambil diminum selagi hangat. Anda bisa menambahkan madu atau gula batu agar lebih nikmat.

Baca Juga :  Sembuhkan Flu Tanpa Obat, Begini Caranya!

Buah ini cukup populer karena manfaatnya juga dapat membantu mengatasi keluhan kelebihan gas melalui proses pengembangan gas.

Kayu manis

Kayu manis sebaiknya dipilih dari 1 sdt teh bubuk yang dicampur dalam 1 cangkir 150 cc air panas dan tambahkan madu murni. Diamkan sampai hangat dan langsung diminum.

Baca juga: Atasi Sakit Gigi, Ini Pilihan Bahan Alami Terbaik

Rasa hangat di perut setelah mengkonsumsi ini juga akan mendorong kelebihan gas di perut keluar dari tubuh. Usahakan konsumsi secara teratur sampai perut kembung sembuh.

Madu dan Cengkih

Jenis obat herbal alami perut kembung selanjutnya adalah madu dan cengkeh. Efek yang muncul dapat membantu Anda merasa lebih lega dan hangat. Ini bahkan akan membantu Anda mengeluarkan gas dengan lebih mudah.

Untuk membuat ramuan ini juga relatif mudah. Anda cukup memanaskan cengkeh ke dalam 200 ml air. Masak hingga mendidih dan tersisa sekitar 130 cc saja. Setelah itu, tambahkan madu dan minum sesegera mungkin.

Bawang putih

Siapkan sepotong kecil bawang putih di depan anus. Namun jangan terlalu kecil agar tidak masuk terlalu dalam ke dalam anus.

Diamkan selama sekitar 10 menit dan Anda akan segera mengeluarkan gas yang meredakan perut kembung Anda. Pastikan untuk mengkonsumsi secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

air jahe

Rekomendasi herbal alami perut kembung selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Minumlah secangkir air jahe untuk menghangatkan tubuh, terutama saat Anda masuk angin atau udara di malam hari.

Biasanya efek hangat yang muncul setelah mengonsumsi jahe akan membantu perut Anda terasa lebih lega. Ini pada akhirnya akan membantu meredakan kembung dan mendorong kelebihan gas keluar dari tubuh.

Baca Juga :  Makanan Alergi Dingin, Dari Keju hingga Kacang!

Minuman Soda dan Susu

Menurut para ahli medis, soda sebenarnya menyebabkan kembung, tetapi ketika Anda kembung dan Anda minum soda dan susu, efek kenyang dan kenyang akan mendorong bersendawa.

Baca juga: Cara Mengolah Kulit Manggis Sebagai Obat Tradisional Yang Ampuh

Ini akan membantu Anda mengeluarkan gas berlebih di perut.

Kompres Panas

Masukkan air panas ke dalam botol kaca dan tutup dengan handuk. Tempelkan pada perut lalu kocok di sekitar perut, diamkan selama 10 hingga 20 menit pada area perut.

Kemudian tidak lama kemudian perut akan mulai terasa lega dan terkadang disertai dengan keluarnya gas yang akan mengeluarkan kelebihan gas di dalam perut.

Itulah beberapa rekomendasi obat herbal alami perut kembung yang bisa Anda coba. Selain untuk menghilangkan gas di perut, ramuan ini juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. (R11/HR-Online)