Gejala Kanker Serviks Stadium Dini Perlu Waspada, Sadari Sejak Dini!

Gejala kanker serviks stadium awal penting untuk dipahami wanita. Hal ini agar seseorang yang mengalaminya segera mendapatkan penanganan yang tepat, sebelum terlambat.

Seperti yang terjadi pada banyak kasus, kanker serviks seringkali terlambat mendapat penanganan dini.

Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang gejala awal penyakit.

Baca juga: Penyakit Sistem Reproduksi, Kanker Serviks hingga Hipogonadisme

Kenali Gejala Kanker Serviks Stadium Dini

Kanker serviks adalah jenis kanker yang tumbuh di leher saat lahir.

Sekitar 99% kasus kanker serviks, penyebabnya adalah infeksi virus human papillomavirus (HPV) yang dapat ditularkan melalui kontak seksual.

Bukan hanya hubungan seksual, tetapi ada beberapa risiko lain yang menempatkan seorang wanita pada risiko tinggi terkena kanker serviks. Seperti mengidap penyakit menular seksual (HIV/AIDS, herpes, kutil kelamin), hingga merokok.

Karena pertumbuhan sel kanker pada kanker stadium awal masih tergolong kecil, sehingga seringkali gejalanya tidak terlihat atau tidak menunjukkan gejala.

Meski cukup sulit untuk dikenali, namun mengetahui gejala awal kanker serviks sangatlah penting. Ada beberapa gejala awal kanker serviks yang patut Anda curigai, antara lain:

Keluarnya cairan putih

Keputihan bisa keluar dalam kondisi tertentu. Namun, keputihan yang tidak normal atau berlebihan patut Anda perhatikan.

Seperti keputihan dengan tekstur kental, bau tidak sedap, dan disertai flek bisa menjadi salah satu gejala kanker serviks stadium awal.

Baca juga: Ternyata merokok juga bisa meningkatkan risiko kanker serviks

Pendarahan Vagina

Pada kanker serviks stadium awal, banyak pasien mengalami perdarahan abnormal. Pendarahan bisa jauh lebih banyak atau lebih sedikit jika kita bandingkan dengan darah haid biasa.

Baca Juga :  Perbedaan Eksim dan Psoriasis Terlihat Serupa Tapi Tak Sama

Pendarahan vagina umumnya terjadi di luar periode menstruasi, setelah hubungan seksual, setelah menopause, atau setelah pemeriksaan panggul.

Ada Darah di Urine

Jika seorang wanita mengalami kondisi yang tidak biasa seperti buang air kecil disertai darah, maka itu bisa menjadi salah satu gejala kanker serviks stadium awal.

Kondisi ini dikenal sebagai hematuria. Namun, kondisi ini dapat terjadi karena penyakit atau kondisi kesehatan lainnya. Seperti infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Baca juga: Makanan Penyebab Kanker Serviks yang Perlu Anda Waspadai!

Sakit punggung

Hal lain yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah kanker serviks juga bisa menyebabkan rasa sakit di daerah pinggang. Perlu Anda ketahui, jika kanker menyebar ke ginjal, maka Anda bisa merasakan nyeri di tubuh atau punggung bagian bawah.

Jika seseorang mengalami salah satu gejala kanker serviks stadium awal di atas, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Selain itu, untuk mencegah risiko kanker, seseorang harus memulainya dengan gaya hidup sehat. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan melalui Pap smear setiap 3-5 tahun sekali. (R10/HR-Online)