Gejala Kanker Ginjal, Salah satunya Waspadai Kencing Berdarah!

Gejala kanker ginjal penting untuk diwaspadai sebelum kondisinya semakin parah dan bisa berakibat fatal. Kanker ginjal mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang.

Ini adalah suatu kondisi di mana sel-sel kanker terbentuk di saluran ginjal.

Kondisi ini bisa terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah merokok.

Jenis kanker ini paling banyak ditemukan pada orang dewasa, yaitu karsinoma sel ginjal. Sedangkan pada anak-anak, kondisi ini dikenal sebagai neuroblastoma atau tumor Wilms.

Baca juga: Gangguan Ginjal Akan Memicu Penyakit Berbahaya, Waspada!

Kenali Gejala Kanker Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting bagi tubuh.

Organ ini memiliki fungsi untuk menyaring racun, menjaga kesehatan darah, memproduksi berbagai jenis hormon untuk membantu proses pencernaan makanan, dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, akibat gaya hidup yang kurang baik, ginjal bekerja terlalu keras. Hal ini tentu saja sangat berisiko terhadap berbagai penyakit.

Salah satunya adalah kanker ginjal. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, alangkah baiknya mengenali berbagai gejala kanker ginjal, di antaranya:

Nyeri Punggung Bawah

Jika Anda merasakan sakit punggung dengan sensasi seperti tekanan yang berlebihan, maka Anda harus mewaspadai kondisi ini.

Meskipun ada banyak penyebab nyeri punggung bawah, kanker ginjal juga dapat menyebabkan gejala-gejala ini.

Selain itu, rasa sakit yang terus menerus di satu sisi batang tubuh juga sering dikaitkan dengan kanker ginjal. Jika rasa sakit berlangsung lebih dari beberapa hari, segera temui dokter.

Baca juga: Bahaya Sering Kencing Kencing, Bisa Infeksi Hingga Ginjal

Baca Juga :  Cara Mencegah Cacar Monyet, Pahami Gejalanya dan Penyebarannya!

Kelelahan dan Anemia

Gejala kanker ginjal selanjutnya adalah badan terasa lemas tanpa diketahui penyebabnya. Kelelahan mempengaruhi hampir semua penderita kanker.

Kelelahan yang terjadi akibat kanker, hal ini dapat terjadi secara terus menerus, intens, dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sedangkan anemia adalah suatu kondisi yang menggambarkan jumlah sel darah merah dalam kondisi rendah. Ini bisa menjadi efek samping yang cukup umum dari kanker ginjal.

Penurunan Berat Badan Drastis

Ketika ginjal bermasalah, penyerapan nutrisi dari makanan dan sistem metabolisme tubuh akan terganggu.

Tidak hanya bisa membuat berat badan turun drastis, tapi juga bisa menyebabkan nafsu makan juga hilang.

Baca juga: Kebiasaan Penyebab Batu Ginjal, Jangan Disepelekan!

urin berdarah

Salah satu gejala paling umum dari kanker ginjal adalah darah dalam urin atau hematuria. Gejala ini tidak mudah untuk diidentifikasi, karena beberapa urin bisa berwarna merah muda atau coklat.

Darah dalam urin mungkin tidak muncul secara konsisten. Namun, Anda harus mencatat seberapa sering hal itu terjadi untuk membantu diagnosis.

Gejala lain dari kanker ginjal yang perlu Anda pahami adalah adanya benjolan di perut. Benjolan keras, menebal, menonjol di bawah kulit ini paling sering terjadi di perut samping dan punggung.

Selain itu, kanker ginjal seringkali disertai dengan demam yang tidak jelas penyebabnya dan bersifat intermiten. (R10/HR-Online)