Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa Jangan Abaikan, Kenali Fasenya

Gejala demam berdarah pada orang dewasa, apakah ada perbedaan dengan yang terjadi pada anak-anak?

Seperti yang kita ketahui bersama, penyakit demam berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami masyarakat terutama pada saat musim pancaroba dari musim kemarau ke musim penghujan.

Penyakit ini bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa dengan berbagai gejala tertentu.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk lebih memahami apa saja gejala demam berdarah. Sehingga penanganan akan lebih cepat Anda lakukan.

Baca juga: Gejala Flu Singapura yang Harus Diwaspadai, Lakukan Penanganan Ini!

Berbagai Gejala Demam Berdarah Pada Orang Dewasa

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh gigitan virus Dengue. Virus ini menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Ciri khas nyamuk jenis ini adalah berwarna hitam dengan belang putih di tubuhnya. Setiap tahun cukup banyak masyarakat yang terkena virus dengue.

Padahal, Indonesia merupakan salah satu penderita demam berdarah dengan jumlah yang cukup tinggi.

Baca juga: Demam Berdarah Dengue pada Anak, Fase, Gejala dan Pengobatan yang Tepat

Kenali dan Waspadai Gejala Demam Berdarah

Demam berdarah umumnya menyerang anak-anak. Namun, ada kemungkinan penyakit ini juga menyerang orang dewasa.

Gejala utama DBD pada orang dewasa adalah adanya demam tinggi hingga 40⁰C.

Selain itu, gejala demam berdarah pada orang dewasa juga bisa muncul dengan beberapa hal seperti sakit kepala, mual, muntah, ruam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan sebagainya.

Demam berdarah yang parah dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah serta trombositopenia.

Kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Mulai dari pendarahan dalam, gangguan fungsi pada beberapa organ tubuh, hingga yang paling parah adalah kematian.

Baca Juga :  Makanan untuk Penderita Hipotiroid, Jangan Pilih Saja!

Berikut gejala demam berdarah berat yang perlu Anda ketahui dan memerlukan penanganan segera dari dokter, antara lain demam tinggi di atas 40°C, sakit perut parah, gusi berdarah dan mimisan, muntah terus menerus, sesak napas, dan lain sebagainya. .

Baca juga: 3 Fase Demam Berdarah yang Perlu Anda Ketahui!

Fase Demam Berdarah

Setelah mengalami beberapa gejala demam berdarah, baik orang dewasa maupun anak-anak akan melalui fase-fase penyakit seperti di bawah ini:

  1. Fase AwalGejala yang paling khas saat terkena demam berdarah pada fase ini adalah adanya demam tinggi. Munculnya demam tinggi pada penderita DBD seringkali disertai dengan kulit memerah, wajah kemerahan, nyeri seluruh tubuh, sakit kepala, dan nyeri otot.
  2. fase kritis, Fase ini ditandai dengan penurunan suhu tubuh ke suhu normal. Namun, pasien justru memasuki risiko paling tinggi, dalam hal ini mengalami kebocoran pada pembuluh darah.
  3. Fase penyembuhan, Selanjutnya, penderita demam berdarah kembali demam. Namun pada kondisi ini merupakan fase penyembuhan yaitu trombosit pasien DBD perlahan-lahan akan naik dan kemudian kembali normal.

Gejala demam berdarah pada orang dewasa tergolong parah, biasanya mulai dari 24 jam hingga 48 jam setelah demam hilang. Jika seseorang atau keluarga Anda mengalami hal ini, maka Anda harus segera membawanya ke klinik atau ruang gawat darurat terdekat untuk mendapatkan perawatan sesegera mungkin. (R10/HR-Online)