Faktor Pemicu Asma yang Harus Dihindari, Pengendalian Risiko Lebih Efektif!

Faktor pemicu asma penting untuk diidentifikasi agar pasien tersebut dapat mengontrol risiko serangan asma. Selain itu, pasien juga bisa hidup lebih produktif.

Dengan mengelola asma, pasien dapat mengontrol risiko serangan dan dapat melakukan pencegahan dengan lebih cepat dan tepat.

Pasien juga dapat minum obat sesuai anjuran dokter secara rutin.

Dalam hal ini, upaya pengobatan dan terapi kontrol dapat berlangsung sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasien asma.

Baca juga: Cara Mengatasi Serangan Asma Mendadak

Mengenali Berbagai Faktor Pemicu Asma

Asma merupakan gangguan pada sistem pernapasan yang dapat menyebabkan sesak napas dan penyempitan saluran pernapasan. Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang sewaktu-waktu bisa kambuh.

Apalagi jika ada hal-hal yang bisa memicu asma. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki penyakit asma sebaiknya lebih berhati-hati dan mengetahui berbagai pemicu yang bisa membuat penyakit ini kambuh.

Berikut beberapa hal yang dapat memicu kambuhnya asma, antara lain:

Udara Terpolusi

Menghirup udara yang tercemar seperti asap dari pembakaran sampah, asap rokok, kendaraan dan emisi pabrik dapat menyebabkan asma kambuh pada beberapa pasien.

Selain itu, udara yang kotor juga dapat membahayakan bayi dan anak-anak karena tidak memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat.

Baca juga: Gejala, Ciri, Penyebab, dan Cara Mencegah Asma

Penyakit refluks gastroesofageal (GERD)

Faktor pemicu asma berikutnya adalah GERD atau Penyakit refluks gastroesofagus. Ini adalah kondisi di mana asam lambung naik ke tenggorokan.

Paparan asap di kerongkongan atau saluran pernapasan bagian atas dapat memicu bronkospasme dan meningkatkan aktivitas saluran napas.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Jam Tidur Normal Usai Ramadhan, Simak Tipsnya!

Hal ini dipengaruhi oleh adanya refleks vagal atau mikroaspirasi isi lambung sepanjang nafas.

Alergen

Ini adalah bahan yang dapat menyebabkan alergi seperti debu rumah, bulu binatang, dan sebagainya. Untuk penderita asma sebaiknya konsultasikan ke dokter, alergi apa saja yang harus dihindari.

Infeksi Saluran Pernapasan

Beberapa infeksi saluran pernapasan, salah satunya virus sinsitium saluran pernapasan (RSV) juga bisa menjadi salah satu pemicu kambuhnya asma, terutama pada anak-anak.

Namun, ada kasus yang menyerang orang dewasa.

Baca juga: Makanan pantangan bagi penderita asma, hindari jika tidak ingin kambuh!

Makanan yang Mengandung Sulfit dan Pengawet

Sulfit adalah jenis bahan kimia yang berlimpah dalam minuman atau makanan. Bahan kimia yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan pengawet.

Selain itu, produk makanan fermentasi tertentu juga dapat menimbulkan reaksi kimia yang mengaktifkan sulfit secara alami.

Pengawet ini dapat memicu serangan asma karena reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh penderita asma.

Sulfit akan mengeluarkan gas sulfit yang akan membuat saluran pernafasan menyempit dan iritasi. Kondisi ini memicu sesak napas dan asma.

Dengan menghindari berbagai faktor pemicu asma, pasien dapat lebih mengontrol penyakitnya. Pasalnya, kondisi asma bisa berdampak negatif jangka panjang bagi kesehatan, jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. (R10/HR-Online)