Durian Menyebabkan Darah Tinggi, Benarkah? Cek Fakta!

Durian penyebab darah tinggi, benarkah? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh mereka yang suka makan buah tropis ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi buah sangat baik untuk kesehatan.

Namun jika berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping. Tak terkecuali dengan buah durian.

Lalu makan buah durian bisa menyebabkan hipertensi? Ada baiknya simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Makanan yang Menyebabkan Darah Tinggi dan Menurunkan Efektif

Durian Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, Benarkah?

Buah durian terkenal dengan rasanya yang manis dan buahnya yang lembut. Maka tak heran jika banyak orang yang sangat menyukainya.

Selain memiliki rasa yang khas, buah durian juga mengandung senyawa nutrisi.

Mulai dari mineral, vitamin, antioksidan, serat pangan, dan lain sebagainya. Dengan kandungan tersebut, buah durian dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, durian juga kaya akan kalsium, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks.

Kesemuanya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pembentukan sel darah merah. Namun, beberapa orang justru menghindari makan buah durian dengan alasan buah ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Mereka khawatir akan mabuk buah durian dan berdampak pada tekanan darah. Jadi apa kebenaran tentang ini?

Baca juga: Makanan Penyebab Kurang Darah Jadi Pantang, Apa Saja?

Fakta Durian Bisa Menyebabkan Darah Tinggi

Berdasarkan penjelasan ahli gizi, mereka berpendapat bahwa banyak makan durian dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Meski begitu, tetap ada batasan bagi penggemar durian, untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi buah durian secara berlebihan.

Hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan gula, lemak dan kalori yang tinggi. Fakta lain terkait buah durian yang menyebabkan tekanan darah tinggi adalah buah durian tidak mengandung kolesterol.

Baca Juga :  Penyebab Cacar Air Mudah Menular, Pelajari Gejalanya dan Cara Mengatasinya!

Pasalnya, buah dengan nama latin Durio mabethinus Ini adalah bahan tanaman. Departemen Pertanian AS (USDA) menyebutkan bahwa durian dalam jumlah berapa pun mengandung 0,0 mg kolesterol.

Begitu juga dengan jenis buah dan sayuran lainnya. Perlu Anda ketahui, kandungan lemak yang identik dengan adanya kolesterol tinggi selalu hadir dalam buah durian. Namun, jenis lemak ini adalah lemak tak jenuh.

Sedangkan lemak tak jenuh justru dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Oleh karena itu, anggapan bahwa buah durian dapat memicu kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi adalah mitos di baliknya.

Meski tidak mengandung kolesterol, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi buah durian secara berlebihan. Pasalnya, durian sebenarnya menyimpan kalori yang cukup tinggi.

Baca juga: Makanan Gula Darah Tinggi Yang Harus Anda Ketahui dan Hindari

Inilah yang menyebabkan buah durian tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, penderita penyakit jantung, dan obesitas.

Terlepas dari pernyataan bahwa durian menyebabkan tekanan darah tinggi yang tidak benar, terutama penderita diabetes, mereka juga harus mewaspadai kandungan gula yang tinggi dari buah ini. Tetap kendalikan porsi konsumsi durian demi kesehatan tubuh Anda. (R10/HR-Online)