Ciri-Ciri Payudara Sehat yang Wajib Diketahui Wanita, Simak Tips Merawatnya!

Ciri-ciri payudara sehat yang harus diketahui wanita. Payudara merupakan salah satu bagian dari sistem reproduksi wanita. Payudara sendiri memiliki peran dan fungsi penting untuk mendistribusikan ASI.

Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita untuk memiliki payudara yang sehat. Lalu bagaimana cara memastikan payudara sehat atau tidak?

Baca juga: Deteksi dini kanker payudara bisa dilakukan dengan tes darah? Ini Hasil Studi Terbaru!

Kenali ciri-ciri payudara sehat pada wanita

Bagi Anda yang belum paham bagaimana kondisi payudara Anda, berikut ciri-ciri payudara normal dalam kondisi sehat yang perlu Anda pahami. Dengan demikian Anda bisa memulainya dengan memeriksa apakah payudara Anda normal dan sehat atau tidak. Ciri-cirinya antara lain:

Tidak Ada Benjolan

Ciri pertama payudara sehat adalah umumnya tidak terdapat benjolan di area sekitar payudara. Hal ini dikarenakan adanya benjolan di payudara dapat mengindikasikan adanya tumor atau kanker. Saat Anda merasakan adanya benjolan di payudara, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Tekstur dan Warna Kulit Payudara Sama

Ciri-ciri payudara sehat selanjutnya adalah kenyal dan memiliki warna dan tekstur kulit yang sama. Selain itu, payudara tidak berwarna kemerahan. Kulit merah atau iritasi di bawah payudara dapat mengindikasikan infeksi kulit atau intertrigo.

Kondisi ini sering terjadi pada wanita dengan payudara besar. Bisa juga terjadi pada wanita yang memakai bra olahraga yang berkeringat dalam waktu lama. Sedangkan pada radang kanker payudara juga bisa membuat kulit terasa bergelombang atau seperti kulit jeruk.

Baca Juga :  Kulit Jari Terkelupas, Ketahui Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

Baca Juga: Makanan Penyebab Kanker Payudara, Yuk Cari Tahu Disini!

Tidak Ada Cairan

Ciri-ciri payudara sehat lainnya selain tidak ada benjolan dan tekstur, warna kulit yang sama adalah tidak mengeluarkan cairan. Ini tentu saja, kecuali ASI selama menyusui atau cairan payudara yang muncul sebelum menopause karena perubahan hormonal.

Wanita perlu waspada jika payudara menunjukkan tanda-tanda seperti keluarnya cairan bening, kehijauan hingga merah atau berdarah dari salah satu puting.

Tidak Sakit dan Sakit

Tidak adanya rasa sakit dan rasa sakit yang tidak wajar menandakan bahwa payudara dalam keadaan sehat dan normal. Namun, dalam beberapa kondisi, rasa sakit sering muncul di payudara, seperti saat hormon progesteron meningkat saat menstruasi.

Ini adalah hal yang cukup masuk akal. Selain haid, nyeri yang dirasakan dan muncul pada payudara perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui apakah ada gangguan yang berbahaya atau tidak pada tubuh.

Baca Juga: Gejala Kanker Payudara pada Pria, Kenali Tandanya!

Tips Merawat Kesehatan Payudara

Secara umum, setiap wanita memiliki risiko yang sama untuk terkena kanker payudara. Namun, risikonya akan lebih tinggi pada wanita berusia 30 tahun, memiliki riwayat keluarga kanker payudara, wanita dengan gangguan hormonal, obesitas dan terbiasa merokok dan mengonsumsi alkohol.

Dengan berbagai karakteristik payudara sehat yang ada, sangat penting bagi wanita untuk menjaga dan merawat kesehatan payudara. Tetap jaga pola hidup sehat dan periksa kondisi payudara secara rutin melalui SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Namun, jika ada yang tidak normal, maka segera periksakan payudara Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (R10/HR-Online)