Cara Mengobati Folikulitis, Benjolan Di Sekitar Rambut Yang Bikin Gatal

Cara mengobati folikulitis yang bisa Anda lakukan jika memiliki jerawat atau benjolan kecil berwarna merah dan gatal di sekitar folikel rambut. Benjolan ini bisa muncul tidak hanya di sekitar rambut. Bisa di lengan, bokong, punggung hingga janggut. Bahkan paling sering di area kaki.

Folikulitis terjadi ketika folikel rambut meradang karena jamur atau bakteri. Meski kondisinya tidak serius, namun bisa mengganggu dan tidak nyaman. Apalagi dampaknya bisa pada penampilan kulit.

Untuk mengatasi masalah penyakit tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Meringkas dari berbagai sumber, simak saja penjelasannya berikut ini.

5 Cara Efektif dan Aman Mengobati Folikulitis

Jaga agar tetap bersih

Saat melakukan olahraga, Bakteri bisa menumpuk di kulit akibat keringat yang keluar dari tubuh. Jika ini dibiarkan, dapat menyebabkan folikulitis.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Penyakit Jamur Kulit pada Tubuh

Untuk mengurangi munculnya risiko tersebut, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Seperti mandi setelah berolahraga, mengganti pakaian setelah mandi, dan tidak memakai pakaian yang berkeringat. Juga, cuci atau bersihkan tas olahraga Anda secara teratur.

Ubah cara Anda bercukur

Salah satu faktor risiko utama adalah masalah folikulitis adalah mencukur. Berhenti mencukur bukanlah pilihan.

Anda tetap bisa melakukannya dengan aman dengan beberapa panduan, yaitu menggunakan pisau cukur baru, menggunakan krim atau busa, dan mencukur setelah selesai mandi.

Mengubah kebiasaan mencukur juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati folikulitis yang muncul di area rambut.

Gunakan Benzoil Peroksida

Cara mengobati folikulitis selanjutnya, Anda bisa menggunakan benzoil peroksida yang mampu membunuh bakteri penyebab folikulitis pada kulit.

Baca Juga : Manfaat Probiotik Bagi Kulit, Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan

Jennifer Gordon, MD, dokter kulit bersertifikat di Westlake Dermatology, mengatakan bahwa obat benzoil dapat dibeli di toko obat.

Baca Juga :  Gejala Flu Singapura yang Harus Diwaspadai, Lakukan Penanganan Ini!

Dia juga mengatakan bahwa benzoil peroksida sangat efektif dalam mengobati folikulitis tanpa efek iritasi. Jadi, cara mengobati folikulitis dengan obat ini sangat aman.

Antibiotik topikal atau oral

Lain halnya jika folikulitis yang Anda alami membandel, mungkin dokter kulit akan meresepkan antibiotik untuk mengurangi bakteri.

Pada umumnya antibiotik ini digunakan untuk penyakit yang parah. Namun, ada baiknya juga jika Anda menggunakannya untuk pengobatan jangka panjang.

Namun jika dokter kulit mengatakan bahwa penyebab folikulitis ini adalah jamur, maka Anda bisa menggunakan krim ketoconazole topikal atau flukonazol oral sebagai obat antijamur sebagai pengganti antibiotik.

Baca Juga : Cara Menebalkan Rambut Tipis Secara Alami, Cepat dan Murah

Gunakan Exfoliant Kimia

Bakteri akan berkembang biak ketika pori-pori tersumbat. Kondisi ini membawa risiko mengembangkan folikulitis.

Untuk membantu pori-pori kulit terbuka kembali, Anda bisa menggunakan chemical exfoliant. Karena dokter kulit bersertifikat Debra Jaliman, MD, yang juga asisten profesor dermatologi, merekomendasikan toner asam glikolat atau salisilat.

Cara mengobati folikulitis dengan menggunakan obat ini bisa Anda lakukan setiap hari. Meskipun Anda menggunakan obat ini setiap hari, jangan khawatir karena akan aman tanpa efek samping pada kulit. (R3/HR-Online/Editor-Eva)