Cara Mengembalikan Jam Tidur Normal Usai Ramadhan, Simak Tipsnya!

Cara mengembalikan jam tidur normal, terutama setelah sebulan penuh berpuasa, penting untuk Anda perhatikan. Selama puasa, waktu tidur seringkali tidak teratur.

Ini karena Anda harus bangun di malam hari untuk sholat atau sahur.

Pada umumnya, selama bulan puasa, seseorang akan tidur lebih banyak di malam hari dan tidur siang lebih lama.

Agar tidak berkelanjutan, maka sebaiknya segera perbaiki pola tidur Anda agar kembali normal. Sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lelah Setelah Mudik, Tubuh Anda Kembali Bentuk!

Cara Mengembalikan Jam Tidur Normal Setelah Ramadhan

Perlu Anda ketahui, bahwa tubuh membutuhkan setidaknya 10 hari agar pola tidur kembali normal setelah sebulan penuh berpuasa Ramadhan.

Nah, untuk memperbaiki pola tidur dan waktu istirahat Anda di malam hari, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Sesuaikan Waktu Tidur dan Bangun Secara Bertahap

Tubuh Anda tidak akan mampu menangani perubahan mendadak pada rutinitas tidur Anda.

Karena itu, jika Anda mencoba mengembalikan jam tidur normal setelah Ramadhan, maka lakukanlah secara bertahap. Anda dapat bergerak menuju waktu tujuan Anda dalam peningkatan 15 menit.

Jika Anda ingin membuat perubahan besar, mungkin diperlukan beberapa minggu untuk sepenuhnya memenuhi jadwal yang Anda inginkan.

Namun, akan lebih mudah bagi tubuh Anda untuk melakukan ini secara bertahap daripada mengubahnya secara tiba-tiba.

Baca juga: Cara menjaga kesehatan tubuh agar selalu fit dan terhindar dari penyakit

Perhatikan Jam Makan Malam

Cara mengembalikan jam tidur normal setelah Ramadhan berikutnya adalah dengan memperhatikan waktu makan malam. Seperti yang kita ketahui bahwa pola makan malam setelah puasa secara umum juga akan berubah.

Baca Juga :  Cara Mengobati Folikulitis, Benjolan Di Sekitar Rambut Yang Bikin Gatal

Selama Ramadhan, seseorang akan cenderung makan saat buka puasa dan makan malam setelah tarawih.

Oleh karena itu, setelah Ramadhan usai, saatnya mengembalikan jadwal makan malam kembali normal agar tidak mempengaruhi jam tidur.

Sebaiknya hindari makan malam yang terlalu larut atau terlalu dekat dengan waktu tidur. Sebaiknya berikan waktu istirahat makan malam dengan setidaknya dua hingga tiga jam tidur.

Makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru bisa menyebabkan mulas dan asam lambung naik saat Anda mulai berbaring untuk tidur.

Baca juga: Alasan Tidur Penting Bagi Tubuh Secara Ilmiah, Dapat Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Hindari Konsumsi Kafein

Kafein merupakan zat yang dapat merangsang sistem saraf pusat. Zat ini bisa bertahan di dalam tubuh selama kurang lebih 8 jam.

Oleh karena itu, mengonsumsi kafein di sore atau malam hari sangat tidak dianjurkan. Bahkan, dokter menganjurkan untuk tidak minum minuman berkafein sama sekali untuk memperbaiki pola tidur.

Cara lain untuk mengembalikan jam tidur normal setelah Ramadhan adalah dengan menghindari konsumsi makanan manis dan berlemak, tetap terhidrasi, dan berolahraga secara teratur setiap hari.

Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup agar lebih semangat menjalani aktivitas normal. Selain itu, kesehatan tubuh pun akan lebih terjaga. (R10/HR-Online)