Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadhan dan Cara Menurunkannya

Selama bulan puasa Ramadhan, hampir 14 jam tidak makan dan minum. Karena itulah saat berbuka puasa banyak orang yang makannya berlebihan.

Padahal, makan berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Oleh karena itu, para ahli kesehatan dan dokter menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi saat berbuka puasa. Karena tidak baik untuk kesehatan.

Studi menunjukkan bahwa tidak sedikit orang yang berpuasa namun berat badannya justru bertambah di akhir bulan Ramadhan.

Baca juga: Menu Diet Sehat Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan yang Naik Saat Puasa

Hindari makan berlebihan

Saat berbuka puasa, sebaiknya jangan terburu-buru mengunyah dan menelan makanan. Pelan-pelan, ambil gigitan kecil dan nikmati setiap gigitan.

Karena makan cepat membuat otak tidak akan tahu kapan perut akan terasa kenyang. Hal ini menyebabkan orang makan lebih banyak porsinya.

Mengunyah makanan secara perlahan sambil menikmati momen setiap gigitan akan memberikan waktu bagi otak Anda untuk mengenali tanda-tanda perut kenyang.

Batasi Asupan Gula

Kenaikan berat badan saat puasa bisa jadi karena terlalu banyak asupan gula dalam tubuh. Menahan lapar dan haus sepanjang hari memang bisa membuat seseorang merasa lemas dan lelah.

Mengkonsumsi gula pada malam hari dapat memberikan energi instan, namun dapat membuat tubuh terasa lemas beberapa saat setelahnya.

Baca juga: Park Bom Jalani Diet Juvis, Dapatkan Berat Badan Ideal

Ini karena gula mengandung kalori yang tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa menyebabkan berat badan bertambah. Oleh karena itu, saat berbuka puasa, usahakan untuk memperhatikan jumlah gula yang Anda konsumsi.

Baca Juga :  Makanan Apa yang Menyebabkan Migrain? Anda Harus Waspada!

Makan dalam Porsi Kecil

Berat badan bertambah saat puasa karena semua makanan yang disajikan saat berbuka puasa dimakan sekaligus. Jadi sebaiknya saat berbuka, makanlah dalam porsi kecil. Kemudian makan malam setelah 1 atau 2 jam lagi.

Jika Anda makan sekaligus, kemungkinan Anda mengonsumsi kalori lebih banyak dari biasanya. Selain itu, pastikan saat makan malam harus seimbang dengan proporsi protein, lemak, protein, karbohidrat, dan sayuran yang tepat.

Diet seimbang

Saat Anda banyak makan makanan manis dan gorengan saat berbuka puasa, berat badan Anda akan bertambah saat puasa. Jadi, sebaiknya pilih makanan yang memiliki gizi seimbang.

Makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan karbohidrat kompleks bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan, Termasuk Menurunkan Berat Badan

Selain itu, makan makanan sehat dan rendah kalori dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Pindah

Hindari kenaikan berat badan saat berpuasa, salah satunya jangan langsung berbaring, apalagi tidur setelah berbuka puasa.

Untuk menghindarinya, coba lakukan gerakan yang bisa membakar kalori untuk menghindari penumpukan lemak di sekitar perut.

Dengan melakukan sedikit gerakan setelah berbuka puasa juga dapat membantu proses pencernaan makanan, sekaligus mencegah perut kembung. Sehingga Anda akan terhindar dari masalah kenaikan berat badan selama puasa Ramadhan. (R3/HR-Online/Editor-Eva)